Jum'at, 21 September 2018
   EN   

I Info BKIPM

PETUGAS KARANTINA IKAN SERBU MALL DI KOTA PALEMBANG

PETUGAS KARANTINA IKAN SERBU MALL DI KOTA PALEMBANG

Tulisan GEMASATUKATA terpampang jelas di bagian belakang kaos para petugas karantina ikan yang tergesa – gesa memasuki area salah satu Mall di kota Palembang. Membawa beberapa perlengkapan dalam box dan terlihat seperti besi hitam ketua tim nya segera membagi tugas masing – masing. Satu kelompok ke Hypermart Supermarket dan Kelompok lainnya ke Carrefour supermarket. Setiba di Hypermart supermarket, Erik Ariyanto selaku ketua tim dan Kepala Seksi Pengawasan, Pengendalian dan Informasi (Wasdalin) Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM ) Palembang langsung berkoordinasi dengan manajemen supermarket tersebut.

Suasana awalnya sediit tegang, namun setelah itu menjadi sangat cair setelah manajemen supermarket mengetahui tujuan kedatangan tim SKIPM Palembang pada sore itu. Iya pada sore, hari sabtu tanggal 21 April 2018 kemarin tim SKIPM Palembang mengadakan “BKIPM GOES TO MARKET” dengan tema Penyediaan Pangan Sehat dan Bergizi bagi Masyarakat.

Bapak / ibu / adeik-adik pengunjung Supermarket Hypermart yang kami banggakan, sore ini dalam rangka Bulan Bakti Mutu dan Karantina 2018 kami dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan membuka stand yang mendemonstrasikan cara memilih ikan yang baik serta aman konsumsi, ayo silahkan mampir!!! Ujar Erik membuka kegiatan melalui speaker weirless yang disediakan oleh pihak supermarket.

Satu persatu pengunjung mendekati dan ingin melihat secara langsung bagaimana cara memilih ikan yang baik untuk di konsumsi bagi keluarga. Adegan per adegan di peragakan oleh tenaga fungsional SKIPM Palembang dengan cara yang mudah di pahami.

“ Bapak/ Ibu dalam memilih ikan yang sehat dapat menggunakan 3 D apa itu??? DISENTUH, DILIHAT dan DICIUM. Sentuh permukaan tubuh dan rasakan kekenyalan ikan, Dilihat  untuk melihat kerekatan sisik, cembungnya  mata serta merahnya ingsang dan permukaan tubuh ikan, dan Dicium untuk membaui apakah ikan masih dalam keadaan segar atau sudah mulai busuk. Ujar Mardiyan salah satu anggota tim SKIPM Palembang

Masyarakat sangat antusias dari kegiatan ini, Kegiatan ini sangat baik bagi kami para ibu rumah tangga sehingga bisa memilih makanan yang bagus untuk di konsumsi di rumah ujar Mia salah satu pengunjung. Semoga terus ada kegiatan ini biar semakin tau masyarakat harapnya.

Fikri selaku wakil manager store Hypermart supermarket mengatakan kegiatan ini sangat positif bagi kami dan masyarakat, bagi kami bermanfat lebih tau dalam memilih produk yang akan di pasarkan di supermarket kami”

Kegiatan ini dilaksanakan serentak di dua supermarket besar di kota Palembang, yaitu Hypermart dan Carrefour di Palembang Square Mall. Diharapkan masyarakat mengerti cara memilih pangan sehat dan aman untuk konsumsi khususnya dalam memilih ikan yang baik. Generasi yang sehat di mulai dari pangan yang sehat tutup Erik selaku Kasubsi Wasdalin SKIPM Palembang.

 

 

 

Komentar




Search